Update Informasi dan Viral Trending Topics Twitter Facebook Path dan Instagram.

Friday, 15 April 2016

6 Hikmah Anjuran Memelihara Jenggot

6 Hikmah Anjuran Memelihara Jenggot
Sahabat Ummi, kini publik tengah ramai memperbincangkan soal beredarnya rekaman ceramah dengan suara seperti Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang mengolok-olok ulama yang memelihara jenggot. Bagaimana tidak, dalam rekaman tersebut menyebut jenggot sebagai budaya arab yang tidak harus dilestarikan. Bahkan dikatakan, orang yang berjenggot itu kecerdasannya kurang sehingga semakin panjang jenggot seseorang, maka semakin 'goblok' lah dia. Astaghfirullah. Statement tersebut tentu saja mengundang berbagai reaksi umat muslim karena terdapat beberapa hadits untuk memelihara jenggot bagi kaum muslim.
Berikut ini adalah salah satu hadits tentang keutamaan memelihara jenggot bagi kaum muslim:
Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim no. 623)
Lantas, apakah manfaat dibalik memelihara jenggot bagi kaum pria? Berikut ini 6 hikmah memelihara jenggot:
1. Mengurangi ruam akibat mencukur
Masalah yang umum dialami seorang pria adalah ruam yang diakibatkan dari mencukur atau disebut folikulitis barbae. Kondisi ini akan membuat kulit sering gatal karena ada bakteri staphylococcus aureus yang menginfeksi kulit. Ruam terjadi akibat bulu janggut yang baru tumbuh dicukur sehingga membentuk benjolan yang tumbuh ke dalam dan meradang. Dengan memelihara jenggot, masalah ruam ini dapat dihindari.
2. Menurunkan risiko kanker kulit Anda
Seperti kita ketahui, dampak jika terkena sinar UV secara berlebihan dapat mengakibatkan kanker khususnya kanker kulit. Sebuah studi terbaru yang dilakukan di Universitas Australia of Southern Queensland mengungkap manfaat janggut pada pria. Laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Radiation Protection Dosimetri ini mencatat, janggut bisa mencegah kanker kulit karena dapat melindungi kulit dari paparan matahari antara 90 sampai 95 persen.  
3. Memperlambat keriput
Paparan langsung sinar matahari adalah penyebab utama penuaan dan kerusakan kulit sehingga masuk akal bahwa jika wajah yang ditutupi oleh jenggot dapat memperlambat penuaan dan timbulnya keriput. Ini berarti lebih sedikit keriput dan pengurangan bintik-bintik penuaan (liver spots) yang biasa ditemukan pada wajah.

4. Mencegah jerawat
Mencukur dapat memperburuk kondisi kulit orang yang berjerawat. Terutama jika sudah memiliki jerawat parah yang meninggalkan bekas luka. Jerawat terjadi ketika folikel kecil di dekat permukaan kulit tersumbat. Inilah yang membuat munculnya komedo. Dan kondisi umum ini dapat diperparah dengan mencukur.
5. Membantu mengurangi gejala alergi dan asma
Jenggot dapat membantu menyaring partikel - partikel kecil ketika kita menghirup nafas. Jenggot juga mampu menghalagi hawa dingin yang akan masuk ke hidung. Selain itu, dapat juga menghangatkan bagian dagu dan leher.
6. Memberikan kesan maskulin
Beberapa fakta mengungkapkan bahwa ternyata keberadaan jenggot mampu memberikan kesan lebih maskulin, mandiri, dan matang atau dewasa dibandingkan dengan wajah laki-laki yang dicukur bersih. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dokter Freedman dalam bidang psikologi sosial menunjukkan bahwa kehadiran jenggot di wajah pria itu membuatnya lebih menarik secara seksual bagi perempuan.
Nah, ternyata cukup banyak manfaat memelihara jenggot bagi kaum pria. Semoga semakin memantapkan kaum muslim untuk mengikuti anjuran memelihara jenggot. Waallahu a’laam bishowab.

6 Hikmah Anjuran Memelihara Jenggot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: FJB Bontang