Update Informasi dan Viral Trending Topics Twitter Facebook Path dan Instagram.

Friday, 15 April 2016

Home » Islami » Manfaat » Tips » Terlanjur Berkata Kasar, Segera Lakukan Ini Terlanjur Berkata Kasar, Segera Lakukan Ini


HAMPIR semua orang di muka bumi ini sulit mengendalikan nafsunya, terutama nafsu amarah. Di mana ketika hati sedang dilanda rasa benci, kesal dan marah tentunya nafsulah yang paling menguasai dirinya. Sehingga, hal-hal termasuk kata-kata yang tidak pantas untuk diucapkan keluar begitu saja. Jika orang yang langsung menyadari kesalahannya tentu akan merasa takut terhadap murka Allah. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menghindarinya?

Bila Anda sedang marah, lalu tanpa sadar melontarkan kata-kata yang tidak pantas, segeralah istighfar dan bertaubat, serta kuatkan niat untuk tidak melakukannya kembali. Jika Anda sering dikalahkan oleh emosi, ketahuilah bahwa kata-kata yang diucapkan orang adalah kemauannya. Oleh sebab itu, janganlah melontarkan kata-kata, kecuali sudah dipikirkan baik buruk dan akibatnya.

Ini kalau Anda tergolong orang-orang yang berakal sehat. Bila timbul keinginan untuk melontarkan kata-kata yang tidak layak, kembalilah kepada Allah dan ucapkan, “A’udzubillahi minasy syaithaanir rajiim” untuk menjauhkan setan yang menjadi penyebab timbulnya marah.

Ketahuilah bahwa Anda memiliki dua tahap, yaitu tahap berpikir dan tahap berbicara. Bila mulai dengan tahapan berpikir, mintalah perlindungan Allah dari godaan setan yang terkutuk. Bila sudah memasuki tahapan ucapan, hentikan ucapan dengan segera dan jangan diteruskan.

Bila Anda mampu menghentikan ucapan yang pertama, Anda akan selamat untuk ucapan-ucapan berikutnya, lalu beristighfar pada-Nya.

Home » Islami » Manfaat » Tips » Terlanjur Berkata Kasar, Segera Lakukan Ini Terlanjur Berkata Kasar, Segera Lakukan Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: FJB Bontang